Tips Meminjam Uang Di Bank

Thursday, September 12th, 2019 - Umum
Advertisement

Tips Meminjam Uang Di Bank – Jika ingin mempunyai rumah atau mobil atau keperluan lain yang membutuhkan dana lumayan besar, bukan perkara sulit jika kita memiliki uang tunai atau tabungan. Tetapi bagaimana dengan mereka yang kebetulan tidak punya dana simpanan? Nah, solusi untuk golongan ini adalah meminjam uang ke bank. Beberapa tips sebelum anda melakukan pinjaman bank

  1. Tentukan Jangka Waktu. Umumnya besarnya angsuran ditentukan dari jangka waktu pinjaman. Semakin panjang jangka waktu yang Anda pilih maka semakin kecil jumlah angsurannya dan bunganya semakin besar. Perhitungkan lamanya pinjaman, agar Anda dapat memperhitungkan keuangan Anda di masa depan.
  2. Perhitungkan Bunga Pinjaman. Setiap pinjaman uang dari lembaga keuangan selalu dikenakan bunga. Meskipun bunga pinjaman sudah diatur oleh pemerintah, ada baiknya Anda menghitung dana yang harus Anda kembalikan beserta bunganya. Agar Anda tidak melakukan kesalahan yang dapat berdampak pasa masa depan.
  3. Rencana Pembayaran. Bagaimana Anda akan membayar utang. Tentukan rencana pendapatan yang akan Anda gunakan. Batas maksimal besarnya angsuran pinjaman adalah 30% dari jumlah pendapatan. Meminjam uang memang mudah, tapi Anda juga perlu mengatur keuangan Anda agar tidak ada masalah dengan rencana keuangan Anda di masa yang akan datang
  4. Hindari Kesalahan Dalam Berutang. Pinjam uang sesuai dengan kebutuhan dan batasi jumlahnya. Hal ini penting untuk menghindari masalah soal meminjam uang. Pinjaman yang berlebih akan memberatkan Anda saat proses pengembalian.
  5. Pelajari Kebijakan Pinjaman. Sebelum menyetujui pinjaman, pelajari terlebih dahulu tentang kebijakan yang diberikan lembaga keuangan yang Anda pilih. Pelajari tentang hak dan kewajibanAnda. Hal ini sangat penting agar Anda tidak terjebak dengan aturan yang diberikan lembaga keuangan. Meskipun Anda sedang membutuhkan dana bukan berarti Anda mengabaikan hal ini.
  6. Survei. Sebelum memutuskan lembaga untuk meminjam uang, sebaiknya lakukan survei terlebih dahulu tentang kredibilitas lembaga keuangan yang akan Anda pilih. Jangan sampai Anda mengambil keputusan yang salah. Pilih lembaga keuangan yang dijamin pemerintah karena akan menjamin transaksi keuangan Anda.
  7. Pilih Bunga Kompetitif. Dengan bunga yang kompetitif, cicilan bulanan tidak akan begitu berat. Jika perbedaannya hanya tipis, kita bisa memilih bank yang menawarkan kemudahan dalam hal layanan, seperti dalam membayar cicilan. Kritislah terhadap tawaran bunga. Jangan terjebak promo pinjaman yang ditawarkan bank di awal-awal masa pinjaman. Biasanya, bunga pinjaman rendah di awal sengaja ditawarkan untuk menarik minat nasabah, tapi bunga berikutnya justru akan membelenggu. Pastikan bunga pinjaman di bulan berikutnya tidak memiliki selisih drastis dengan bunga yang dikenakan pada awal pinjaman agar tidak terbebani di kemudian hari.
  8. Bayar Sebagian atau Dipercepat. Lakukanlah pelunasan sebagian pinjaman ketika memiliki uang berlebih, sehingga cicilan akan lunas lebih cepat seiring dengan berkurangnya utang pokok dibanding mencicil dengan cara biasa. Kita juga bisa bertanya kepada bank tempat meminjam uang, apakah ada peluang pinjaman bisa diselesaikan lebih cepat dari jangka waktu pinjaman. Jika bisa maka akan memudahkan untuk terbebas dari pembayaran bunga tiap bulannya.[cp]
Advertisement
Tips Meminjam Uang Di Bank | admin | 4.5
Leave a Reply