Sejarah Permainan Petak Umpet

Friday, December 13th, 2019 - Umum
Advertisement

Sejarah Permainan Petak Umpet – Permainan Petak umpet adalah sebuah permainan yang dilakukan secara bersama-sama. Permainan Petak Umpet ini dilakukan di luar rumah sehingga jangkauan untuk mengumpat bisa lebih luas. Permainan diawali dengan gambreng hom pim pa kemudian yang kalah akan jaga dan sisanya bersembunyi. Sebelum bersembunyi, sang penjaga akan menutup matanya menghadap tembok atau pohon yang akan dijadikan sebagai “benteng” dan salah satu dari yang bersembunyi akan mencolek menggunakan salah jarinya. Setelah mencolek, yang jaga berbalik dan menebak jari mana yang digunakan untuk mencolek. Kesalahan menebak akan dihitung sebagai waktu untuk bersembunyi. Satu jari dihitung 10 berarti yang jaga akan menghitung paling cepat 10 paling lama 100. Setelah berhasil menebak, sang penjaga akan kembali berbalik, menutup mata, dan mulai berhitung. Yang bersembunyi berkesempatan untuk mencari tempat persembunyian yang paling aman sampai waktu hitungan habis.Oh iya, biasanya tempat persembunyiannya dibatasi agar tidak terlalu jauh untuk mencari. Setelah selesai menghitung, penjaga mencari teman-temannya yang bersembunyi.

Manfaat Bermain Petak Umpet

  1. Menumbuhkan perasaan senang. Bermain pastinya akan membuat anak enjoy. Ditambah lagi bermain dengan teman-temannya akan membuat anak semakin riang karena bisa bersama dengan orang yang seumuran yang pastinya akan membuat permainan menjadi lebih seru karena masih sebaya jadi satu pemikiran.
  2. Bersosialisasi Dengan dilakukan bersama teman-teman yang lain, pasti membuat anak melatih anak untuk bersosialisasi dengan baik. Bagaimana ia berkomunikasi dengan temannya dan memberikan pendapat mengenai dimana sebaiknya bermain dan ngobrol serta bertukar pendapat dengan temannya. Secara tidak langsung, anak akan belajar untuk berkomunikasi dan bertukar ide.
  3. Aktif. Bersembunyi dan berusaha untuk menggapai benteng lebih dulu akan membuat anak berpikir bagaimana caranya dan mengatur strategi. Anak akan berpikir lebih. Selain itu, permainan yang dilakukan diluar rumah membuat anak terus bergerak seperti mislanya berlari. Hal ini akan membuat anak menjadi lebih aktif baik dari fisik maupun daya pikir.
  4. Kreatif. Karena permainan ini memerlukan daya pikir yang bagus, anak pasti akan lebih kreatif. Dalam hal ini, anak akan mencari persembunyian yang tidak biasa dan membuat dirinya aman. Selain itu bagi si penjaga, ia akan mencari kemungkinan teman-temannya bersembunyi dengan mencari tempat yang bisa digunakan untuk bersembunyi.
  5. Belajar Diskusi. Anak-anak akan melakukan perundingan mengenai aturan yang akan diberlakukan dalam permainan petak umpet. Nah, dalam berunding ini biasanya anak-anak menyampaikan ide baru dan keinginannya agar permainan tetap seperti apa yang mereka inginkan dan terasa menyenangkan.
  6. Melatih sportivitas. Dalam permainan, menang kalah adalah hal yang biasa. Termasuk dalam permainan petak umpet ini, seseorang yang kalah dan jaga harus menerima dan menjalani perannya dalam permainan dengan baik. Begitu pula untuk mentaati aturan permainan yang sudah disepakati
  7. Belajar menghapal hitungan. Permainan ini sangat baik untuk anak yang sedang mengenal hitungan. Karena mereka akan belajar untuk menghapalnya saat anak kebagian jaga. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi motivasi anak agar lancar dalam hitung-hitungan agar tidak malu saat bermain petak umpet bersama teman-temannya.[]

Tags:

ceramah sedih sendirian
Advertisement
Sejarah Permainan Petak Umpet | admin | 4.5
Leave a Reply