Pentingnya Asuransi Perlindungan Diri Bagi Anda

Monday, July 15th, 2019 - Umum
Advertisement

Pentingnya Asuransi Perlindungan Diri Bagi Anda – Asuransi Perlindungan diri  adalah sebuah layanan asuransi yang digunakan sebagai bentuk perlindungan terhadap timbulnya kerugian finansial atau hilangnya pendapatan seseorang atau keluarga akibat adanya kematian anggota keluarga (tertanggung) yang biasanya menjadi sumber nafkah bagi keluarga tersebut. Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk antisipasi bagi keluarga yang ditinggalkan, di mana mereka membutuhkan dukungan finansial akibat adanya kematian tersebut yang tentu saja bisa mengakibatkan keluarga menjadi kehilangan pendapatan dan mengalami kesulitan ekonomi selama bertahun-tahun ke depan. Pada saat salah satu anggota keluarga meninggal, terutama yang menjadi sumber nafkah bagi keluarga, maka bisa dipastikan keuangan keluarga akan mengalami goncangan dan bahkan hal ini bisa berlangsung dalam waktu yang panjang (selamanya). Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka akan sangat bijak bila sejak awal Anda menggunakan asuransi Perlindungan diri .

Berikut ini Jenis-Jenis Asuransi Perlindungan Diri

  1. Asuransi kesehatan. Manfaat tambahan yang dapat ditambahkan ke dalam asuransi jiwa adalah asuransi kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda paham terlebih dahulu apa yang dibutuhkan sejak awal. Jika memang tujuan awalnya adalah membeli asuransi jiwa unit link untuk proteksi dan investasi, maka sah-sah saja Anda membeli rider asuransi kesehatan sebagai manfaat tambahan. Sebaliknya, jika dari awal Anda hanya membutuhkan perlindungan kesehatan, maka jangan membeli produk asuransi jiwa unit link lalu menambahkan rider asuransi kesehatan, melainkan langsung membeli produk asuransi kesehatan saja, sehingga pengeluaran premi tidak menjadi sia-sia atau lebih tepat sasaran.
  2. Critical illness. Rider ini memberikan perlindungan tambahan bagi pemegang polis untuk risiko berbagai penyakit kritis. Namun, sering terjadi salah kaprah oleh pemegang polis mengenai manfaat dari produk ini. Umumnya, pemegang polis berpendapat bahwa jika mereka mengidap sejumlah penyakit yang masuk dalam cakupan pertanggungan, maka akan langsung mendapatkan penggantian kerugian. Pada kenyataannya, perusahaan asuransi hanya akan membayar klaim apabila Anda dalam kondisi kritis akibat penyakit kritis tersebut.
  3. Waiver of premium. Waiver of premium merupakan asuransi tambahan yang sering ditambahkan pada layanan asuransi jiwa. Rider ini memberikan manfaat pembebasan premi akibat ketidakmampuan dari pemegang polis asuransi. Ketidakmampuan yang dimaksud oleh setiap perusahaan asuransi tentu berbeda, sehingga Anda perlu aktif bertanya mengenai hal tersebut kepada pihak asuransi. Produk ini biasanya ditemui pada asuransi jiwa tradisional.
  4. Payor Benefit. Serupa dengan Waiver of Premium, Payor Benefit juga memberikan manfaat tambahan berupa penghapusan premi jika pemegang polis mengalami kondisi yang bisa menyebabkan kesulitan dalam membayar premi, bisa karena cacat tetap total, sakit kritis, atau meninggal dunia. Selain itu, ada juga Spouse Payor Benefit, yaitu penghapusan premi jika pasangan pemegang polis menderita cacat tetap total atau sakit kritis.
Advertisement
Pentingnya Asuransi Perlindungan Diri Bagi Anda | admin | 4.5
Leave a Reply