Kiat Mengatur Keuangan Bisnis

Adapun kiat pengelolaan uang  dengan bantuan aplikasi laporan keuangan memudahkan peningkatan yang signifikan manajemen arus kas. Laporan keuangan yang bagus memang sangat berperan penting pada kesuksesan sebuah bisnis.

Apakah Anda sedang mencari kiat bagaimana bisa mengatur keuangan pada sebuah bisnis? Di bawah ini ada beberapa kiat yang bisa Anda gunakan :

Trik Mengatur Keuangan Pada Bisnis

  1. Mengawasi Segala Biaya Keluar Masuk

Jika bisnis Anda berada pada tahap awal, cobalah bertujuan untuk menurunkan pengeluaran Anda. Cara ini mungkin membuat Anda menjadi sedikit hemat karena Anda harus belajar bagaimana membelanjakan pendapatan bisnis Anda. Namun tips ini bisa menyelamatkan Anda dari beban keuangan tagihan yang terakumulasi dan memastikan arus kas Anda tetap masuk.

  •  Pisahkan Bisnis Anda Dari Keuangan Pribadi

Memisahkan antara keuangan bisnis dan keuangan pribadi Anda bisa mencegah krisis uang yang disebabkan oleh pencampuran keduanya. Pemisahan keuangan artinya adalah Anda tidak seharusnya mengambil uang ke tabungan bisnis Anda ketika Anda secara pribadi kekurangan uang.

Demikian pula, jika bisnis Anda berada dalam krisis ekonomi, disarankan agar Anda tidak menginvestasikan dana pribadi Anda untuk menghindari kendala keuangan lebih lanjut.

Untuk memastikan dua keuangan tidak tercampur, tetapkan anggaran terpisah untuk masing-masing. Anda juga harus memiliki rekening bank terpisah untuk bisnis dan keuangan pribadi Anda.

  • Kontrol Inventaris Anda

Salah satu kiat manajemen keuangan yang paling efektif untuk usaha kecil adalah mengelola inventaris. Tips ini memastikan bahwa Anda tidak membeli inventaris berlebihan yang dapat mengganggu arus kas bisnis Anda. Cara ini juga akan membantu menurunkan biaya asuransi karena memiliki kelebihan stok akan menghasilkan premi asuransi yang lebih tinggi.

Untuk mengelola inventaris bisnis, Anda perlu mengantisipasi musim-musim tinggi di mana bisnis Anda akan laris manis di pasaran.. Memeriksa inventaris Anda secara teratur juga dapat membantu memantau berbagai stok yang dimiliki.

4. Kelola Utang

Pemilik bisnis biasanya mengajukan pinjaman untuk menyelamatkan bisnis mereka di saat krisis keuangan. Namun, ada baiknya Anda berhati-hati dengan jumlah yang Anda pinjam bersama dengan persyaratan pinjaman. Pinjaman yang dijamin, , memiliki persyaratan dan bunga yang lunak.

Anda juga harus menghindari meneruskan pinjaman dari satu tahun ke tahun lainnya karena berarti Anda harus membayar hutang tepat waktu. Pada catatan yang sama, Anda perlu mengelola debitor Anda secara efektif dengan menilai kembali kontrak dan persyaratan kredit Anda dengan mereka untuk menghindari dampak negatif terhadap arus kas Anda.

Jika Anda ingin menyederhanakan pengelolaan uang, Anda bisa mengunduh aplikasi laporan keuangan bernama “Buku Kas”. Buku Kas memberi Anda cara sederhana dan terjangkau untuk melacak uang masuk dan keluar, memantau catatan hutang piutang, mengirim faktur, dan banyak lagi. Dapatkan secara gratis hari ini dengan mengunduhnya di Play Store.