Begini Cara Mencegah Rhinitis Alergi

Monday, July 22nd, 2019 - Umum
Advertisement

Begini Cara Mencegah Rhinitis AlergiRhinitis alergi merupakan  diagnosis yang terkait dengan sekelompok gejala yang mempengaruhi hidung. Gejala-gejala ini terjadi saat  menghirup sesuatu yang bersifat alergen, seperti debu, bulu binatang, atau serbuk sari. Gejala bisa terjadi saat  konsumsi makanan yang bersifat alergen. Penyebabnya merupakan  proses alergi, saat  terjadi hipersensitivitas dari sel imun saat suatu zat atau partikel asing masuk ke tubuh. Sel imun yang terbentuk menganggap benda tersebut merupakan benda asing yang harus dikeluarkan, sehingga menghasilkan reaksi inflamasi lokal maupun sistemik. Zat tersebut disebut dengan alergen, yaitu sesuatu yang memicu alergi. Saat  seseorang dengan rinitis alergi bernapas dalam alergen seperti serbuk sari, jamur, bulu binatang, atau debu, tubuh melepaskan bahan kimia yang menyebabkan gejala alergi. Gejala yang muncul dari rhinitis alergi saat  terpapar dengan zat alergen merupakan  hidung, mata, tenggorokan, kulit yang terasa gatal. Lalu bisa muncul gangguan penghidu, hidung berair, bersin-bersin, mata berair, hidung tersumbat, batuk, badan lelah, nyeri kepala, dan bengkak sekitar mata.

Alergi ringan biasanya hanya memerlukan pemeriksaan fisik. Namun, dokter Anda dapat merekomendasikan tes khusus untuk membantu menentukan perawatan yang terbaik dan langkah-langkah pencegahan. Tes kulit merupakan salah satu tes yang paling umum digunakan. Selama tes ini, dokter menempatkan berbagai zat ke kulit Anda untuk melihat bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap masing-masing zat tersebut. Biasanya, benjolan merah kecil muncul jika Anda alergi terhadap zat tersebut. Antihistamin efektif mengobati alergi. Obat jenis ini juga dapat membantu mencegah kondisi ini karena mereka memblokir pembentukan histamin dalam tubuh. Beberapa produk obat yang beredar di pasaran mungkin membantu, tapi ingat untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memulai pengobatan baru, terutama jika Anda sedang menggunakan obat lain atau memiliki kondisi medis lainnya. Dekongestan digunakan selama periode waktu yang singkat untuk membantu meringankan hidung tersumbat dan tekanan sinus. Tanyakan kepada dokter Anda sebelum menggunakan obat ini jika Anda memiliki tekanan darah tinggi. Anda sementara dapat menggunakan obat tetes mata dan semprotan hidung untuk meredakan rasa gatal dan gejala lain yang berhubungan dengan alergi. Namun, jangan menggunakan produk ini secara jangka panjang. Dokter mungkin menyarankan imunoterapi jika Anda memiliki alergi parah. Umumnya dikenal sebagai suntikan alergi, rencana pengobatan ini digunakan bersama dengan obat untuk mengontrol gejala. Suntikan ini dimaksudkan untuk menurunkan respon kekebalan tubuh terhadap alergen tertentu dari waktu ke waktu.

Cara Menghindari Rhinitis alergi:

  1. Tutup perabotan berbahan kain dengan lapisan yang dapat dicuci sesering mungkin. Perabot berbahan kain akan menyerap debu sehingga memicu alergi, maka tutuplah dengan lapisan, misalnya plastik yang dapat dicuci.
  2. Jangan menggunakan bahan atau perabot yang dapat menampung debu di dalam kamar. Jika Anda mengidap rinitis alergi, sebaiknya singkirkan boneka, bunga, dan benda-benda lain yang berpotensi menampung debu, terutama di kamar tidur.
  3. Untuk menghindari kontak dengan alergen, gunakan sarung tangan dan masker ketika sedang bersih-bersih dalam maupun di luar rumah
  4. Hindari rokok dan penggunakan produk yang beraroma di rumah.
  5. Hindari makanan dan obat-obatan yang dapat menimbulkan alergi. Untuk mengetahui makanan dan obat yang membuat alergi, maka Anda perlu melakukan tes pada tubuh Anda.
  6. Jangan biarkan hewan berbulu masuk ke dalam rumah, jika Anda alergi terhadap bulu hewan. Bulu hewan seperti anjing dan kucing dapat menjadi salah satu penyebab alergi.
  7. Bersihkan debu yang menempel di perabot rumah dengan alat penyedot dan lap basah minimal 2-3 kali dalam satu minggu. Sebaiknya jangan menggunakan sapu karena dapat menyebarkan debu.
  8. Gunakan pembersih udara atau pembersih udara elektris untuk membuang debu rumah, jamur, dan polen dari udara. Cuci dan gantilah filter secara berkala.[cp]
Advertisement
Begini Cara Mencegah Rhinitis Alergi | admin | 4.5
Leave a Reply