Apa Saja Manfaat Kerjasama?

  • by

Apa Saja Manfaat Kerjasama? – Sahabat sekalian pada kesempatan kali ini kita akan share mengenai Manfaat Kerjasama. Kerja sama adalah pekerjaan yang dilakukan dua orang atau lebih dengan melibatkan interaksi antar individu, bekerja bersama sampai terwujud tujuan yang dinamis. Pada pengertian kerja sama tersebut dapat disimpulkan bahwa, jika Anda ingin mencapai tujuan tertentu yang tidak dapat dikerjakan sendiri maka diperlukan kerja sama agar tercipta interaksi antar individu. Sehingga tujuan Anda dengan tim akan terselesaikan dengan ringan dan cepat.

  1. Kerjasama tim meningkatkan kesuksesan organisasi. Di era teknologi yang semakin maju saat ini, kita dituntut untuk memiliki keterampilan tertentu. Tentu saja, tidak ada individu yang dapat menguasai seluruh keterampilan yang dibutuhkan. Untuk itu diperlukan tim. Dengan bekerjasama dalam tim, setiap orang dapat memegang peranannya masing-masing dengan keterampilan yang dimiliki sehingga anggota tim yang satu dapat melengkapi anggota tim lainnya. Keterampilan unik yang dimiliki dapat membuat setiap orang bersinar dan menghasilkan kinerja yang luar biasa. Dengan begitu, tim akan mudah mencapai tujuan bersama.
  2. Kerjasama tim meningkatkan produktivitas. Salah satu faktor yang membuat kita dapat menghasilkan pekerjaan yang luar biasa adalah rasa hormat dan rasa dihargai yang didapatkan dari rekan-rekan di dalam tim. Kerjasama tim merupakan hal yang membuat kita mendapatkan rasa hormat dan dihargai agar termotivasi dan menghasilkan produktivitas kerja yang tinggi.
  3. Kerjasama tim memampukan kita untuk berani mengambil risiko. Jika bekerja sendiri, kita akan takut untuk melangkah. Jika bekerjasama dalam tim, kita akan memiliki keberanian untuk melakukan banyak hal, termasuk hal-hal yang berisiko tinggi. Kita mengetahui bahwa akan selalu ada orang-orang yang mendukung sekalipun nantinya akan menghadapi kegagalan. Itulah sebabnya, kerjasama tim memampukan kita berani mengambil risiko.
  4. Kerjasama mendatangkan ide-ide yang besar. Sekalipun kita adalah orang yang jenius, kita tidak dapat menghasilkan ide yang besar jika bekerja sendiri, misalnya adalah Albert Einstein. Einstein memang menemukan teori relativitasnya sendiri, tetapi temuan tersebut dihasilkan melalui diskusi yang dilakukan dengan teman dan rekan-rekan kerjanya. Mengapa demikian? Ketika bekerjasama dengan anggota tim lainnya, kita akan saling bertukar pengetahuan dan keterampilan dengan rekan-rekan. Inilah yang membuat kita dapat mengambil sebuah keputusan tepat.
  5. Kerjasama menumbuhkan perbedaan pandangan yang memicu timbulnya inovasi. Kerjasama tim dapat melahirkan ide-ide yang inovatif. Tim merupakan wadah bagi setiap orang yang berbeda untuk menyampaikan ide. Ini memungkinkan setiap orang didalamnya memikirkan hal-hal yang diluar kotak. Kesuksesan dan terobosan lahir dari sebuah proses ketidaknyamanan. Ketidaknyamanan mendorong kita untuk tumbuh. Nah, saat kita bekerjasama dengan orang lain, kita tidak selalu memiliki keinginan atau pendapat yang sama, bukan? Inilah yang membuat kita merasakan ketidaknyamanan tersebut sehingga akan selalu mencari peluang baru untuk bertumbuh. Peluang untuk bertumbuh adalah kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan yang baru. Selain itu, kerjasama tim merupakan kesempatan yang membuat kita semakin ahli dalam mengatasi tantangan yang ada. Saat diperhadapkan dengan masalah, kita dilatih untuk menemukan solusi yang terbaik. Semakin sering, semakin kita terbiasa dan unggul dalam pemecahan masalah. Hasilnya? Inovasi menjadi bagian yang melekat erat dengan kita.
  6. Kerjasama tim membuat kita lebih bahagia. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 1000 anggota tim menunjukkan bahwa kerjasama tim mendatangkan kebahagiaan. Umpan balik, rasa hormat dan keterbukaan setiap orang di dalam tim merupakan faktor yang membuat mereka bahagia saat bekerjasama dalam tim. Tentu saja, pekerja yang bahagia akan menghasilkan produktivitas tinggi yang juga bermanfaat bagi kesuksesan organisasi.
  7. Kerjasama tim merupakan peluang untuk bertumbuh secara individual. Kita hampir jarang menemukan ‘saya’ di dalam tim. Namun, kerjasama tim dapat membuat kita bertumbuh secara individual. Kerjasama tim membuat kita dapat saling berbagi informasi, saling melatih dan menyemangati satu dengan yang lain sehingga akan mendapatkan pengalaman dan ide-ide yang baru. Kerjasama tim juga merupakan kesempatan untuk belajar dari kesalahan yang dilakukan oleh anggota lainnya. Ini membuat kita menjadi orang yang sangat berhati-hati dalam mengambil melangkah agar terhindar dari kesalahan yang sama di masa depan. Selain itu, kerjasama tim membuat kita menjadi seseorang yang memiliki kemampuan mendengarkan yang lebih baik. Dalam tim, kita belajar untuk mendengarkan orang lain dan mengerti apa yang dimaksudkannya. Tentu saja, jika memiliki kemampuan mendengarkan yang baik dalam setiap aspek kehidupan, kita dapat meningkatkan hubungan sosial yang dimiliki.
Baca Juga:   Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1441 H / 2020 M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.