Apa itu Nasi Lemak? Begini Cara Membuat Nasi Lemak Orisinil

Friday, August 16th, 2019 - Umum
Advertisement

Apa itu Nasi Lemak? Begini Cara Membuat Nasi Lemak Orisinil – Nasi Lemak, salah satu kuliner khas Malaysia, memang punya kemiripan dengan nasi uduk khas Nusantara. Dibuat dari nasi yang dimasak dengan santan dan disajikan dengan pelengkap seperti telur, teri goreng, kacang goreng, dan sambal membuat makanan ini cocok dinikmati oleh lidah orang Indonesia.  Ragam kuliner Nusantara yang berlimpah terkadang memiliki kemiripan satu sama lain. Nasi uduk dan nasi lemak misalnya. Keduanya juga memiliki banyak kesamaan. Mulai dari sejarah kedatangan hingga pengolahannya. Keduanya berasal dari bangsa Melayu, yang datang ke Indonesia pada masa penjajahan kolonial

Nasi uduk semur jengkol Bang Udin telah hadir sejak tahun 1986. Sedangkan nasi lemak terlebih dulu hadir di tanah Sumatera. Langsung dari bangsa Melayu yang datang pasca kedatangan Portugis ke Malaka. Meski begitu, dalam perkembangannya Murdijati mengungkapkan keduanya semakin berbeda karena akulturasi masyarakat setempat. Terutama dari ragam lauk yang menjadi pendamping nasi. Nasi uduk pun bisa ditemui dari waktu sarapan bahkan sampai malam hari di Jakarta. Sedangkan nasi lemak wajib menggunakan lauk dengan bumbu rendang. Bisa rendang ayam, ataupun rendang daging sapi. Selain itu nasi lemak juga dilengkapi dengan sambal teri kacang, dan telur balado. Anda juga bisa menambahkan sedangkan sayur, mentimun,  perkedel, kerupuk, maupun ikan goreng.

Satu porsi nasi lemak tidak akan sulit ditemukan jika Anda tengah berada di Riau, Malaysia atau Brunei. Ya, makanan ini memang merupakan hidangan melayu yang cukup populer. Tapi khusus nasi lemak dari Riau, ada lho ciri khas yang membedakannya. Nasi lemak merupakan suguhan nasi yang dimasak bersama santan dan berbagai bumbu tambahan. Minyak dari santan kelapa yang keluar selama proses pemasakan membuat nasi seolah terasa berminyak, inilah asal usul kenapa masyarakat banyak menyebutnya sebagai nasi lemak. Dalam bahasa Minang, kata lemak berasal dari kata lamak yang mengadung arti gurih berminyak. Rasa gurih ini jelas berasal dari penggunaan santan kelapa yang mengandung lemak nabati.

Selain pengguaan bumbu yang cukup banyak, nasi lemak juga biasa dimasak dengan tambahan daun pandan untuk membuat aromanya semakin sedap. Karena dimasak menggunakan ba nyak bumbu, nasi lemak sudah memiliki rasa gurih yang nikmat meski dimakan tanpa lauk pauk. Tapi untuk menyempurnakan rasanya, nasi lemak biasa disajikan dengan telur tebus, ikan teri, sambal, tempe, tahu dan berbagai pilihan menu lainnya. Nasi lemak juga kerap disajikan bersama taburan kelapa parut. Nasi lemak bisa dimakan kapanpun tapi biasanya masyarakat Riau menyantapnya sebagai menu sarapan. Seperti halnya nasi uduk di Jakarta, nasi lemak banyak dijual saat pagi hari.

Resep Nasi lemak Asli

Bahan

  1. nasi
  2. 400 g beras butiran panjang, cuci, rendam ± 2 jam
  3. 500 ml santan, dari 1 butir kelapa
  4. 1 sdt garam
  5. 4 lembar daun pandan, ikat
  6. mentimun iris
  7. 2 – 3 sdm ikan teri goreng kering
  8. 2 sdm bawang goreng

Sambal udang

  1. 600 g udang ukuran sedang, kupas, belah punggungnya
  2. ½ sdt garam
  3. ½ sdt gula pasir
  4. 60 ml minyak goreng
  5. 100 ml santan, dari 1/3 butir kelapa
  6. 1 sdm gula pasir
  7. ½ sdt garam
  8. 1 sdm air asam jawa pekat

bumbu halus sambal udang

  1. 100 g cabai merah keriting
  2. 100 g bawang merah
  3. 1 siung bawang putih
  4. 1 sdt terasi

Sambal kangkung

  1. 2 sdm minyak goreng
  2. 2 sdm cabai halus
  3. 2 sdt terasi
  4. ½ sdt gula pasir
  5. ½ sdt garam
  6. 1 sdm ebi, rendam, gerus kasar
  7. 250 kangkung yang sudah disiangi, siap pakai

Cara masak nasi lemak:

Nasi: Tiriskan beras, masukkan ke dalam rice cooker bersama santan, garam dan daun pandan. Masak selama ± 20 menit hingga airnya agak mengering, aduk rata. Teruskan memasak hingga nasi matang, angkat. Sambal udang: Campur udang dengan garam dan gula, aduk rata, sisihkan. Panaskan minyak goreng dalam wajan, masukkan bumbu halus, aduk hingga harum. Masukkan santan, gula dan garam, masak hingga cukup matang, masukkan udang dan air asam jawa, aduk hingga udang berubah warna, angkat. Sambal kangkung: Panaskan minyak goreng dalam wajan, masukkan cabai, terasi, gula, garam dan ebi, aduk hingga matang dan harum. Masukkan kangkung. aduk sebentar hingga kangkung layu, angkat.[cp]

Advertisement
Apa itu Nasi Lemak? Begini Cara Membuat Nasi Lemak Orisinil | admin | 4.5
Leave a Reply