Bulan Rabiul Awal Tahun 2015 – 2016

Wednesday, December 30th, 2015 - Hijriah
Advertisement

Bulan Rabiul Awal Tahun 2015 – 2016 – Sahabat sekalian pada kesempatan kali ini Ceramah Pidato akan share artikel mengenai Bulan Rabiul Awal. Rabiul awal Rabiul awal adalah bulan ketiga dalam penanggalan hijriyah didahului oleh Bulan Syafar dan mendahului Bulan Rabiul Akhir. Arti menurut istilah rabi'( menetap) awal( pertama ). Pada Tahun ini Rabiul Awal Bertepatan Dengan Tanggal 12 Desember 2015 – 10 Januari 2016.

rabiul awal

Kejadian bersejarah di bulan Rabi’ul Awal

Bulan ini adalah bulan yang sangat mulia, bagaimana tidak? bulan ini adalah bulan dimana Orang yang sangat mulia di dunia ini dilahirkan. Di bulan ini juga sang pencipta mengambil arwah suci nabi akhiru zaman ini. Kedua kejadian ini adalah kejadian yang sangatlah penting di bulan ini. Bulan yang sangatlah dimuliyakan dengan datangnya sang pembuka pintu kegelapan. Pada bulan ini Kelahiran sang baginda Rasul Muhammad SAW.  Nabi SAW dilahirkan hari Senin 12 Rabiul Awal pada tahun Gajah di Makkah. Selanjutnya adalah Hijrahnya Nabi Muhammad SAW. Bulan Muharram memang ditetapkan sebagai awal perhitungan tahun Hijriyah. Tapi hijrahnya Nabi SAW sendiri tidak terjadi pada bulan Muharram, melainkan pada bulan Rabi’ul Awal. Beliau mulai berhijrah meninggalkan Gua Tsur malam Senin tanggal 1 Rabi’ul Awal tahun I Hijriyah (16 September 622 M). Nabi SAW sampai di Quba’ hari Senin tanggal 8 Rabiul Awal tahun 1 H (23 September 622 M), lalu berdiam di sana selama empat hari, yaitu hari Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis. Nabi SAW selanjutnya memasuki Madinah hari Jumat tanggal 12 Rabiul Awal tahun 1 H. Selanjutnya Adalah Wafatnya Nabi SAW. Nabi SAW wafat hari Senin tanggal 12 Rabiul Awal tahun 11 H.

Kalender Rabiul Awal 1437 H

kalender rabiul awal 1437

Amalan-amalan di Bulan Rabiul Awal

  • Memperbanyak shalawat serta salam untuk Rasulullah SAW.
  • Mengadakan walimah dengan berbagai kegiatan dengan tujuan meningkatkan rasa cinta kepada Rasulullah SAW.
  • Bergembira dengan bersyukur atas hikmah (Rasulullah SAW) pada 9 Rabi’ul Awwal.
  • pada tanggal 12 Rabi’ul Awwal (Wafat Rasulullah SAW).[cp]

Tags:

ceramah tentang rabiul awal, rabiul awal, ceramah dibulan rabiulawal, rabiul awal 2016, bulan rabiul awal, kultum cinta rosul di bulan rabiul awal, 12 rabiul awal 2016, 1 robiul awal pada tahun 2016, doa rabiul awal, pidato tentang rabiul awal
Advertisement
Bulan Rabiul Awal Tahun 2015 – 2016 | admin | 4.5
Leave a Reply