Praktek Salat Jenazah

Saturday, January 9th, 2016 - Umum
Advertisement

Praktek Salat Jenazah – Salat jenazah bisa dilakukan atas seorang, dua orang, atau banyak jenazah.  Salat jenazah boleh dilakukan secara bergiliran.  Jika kelompok pertama selesai menyalatkan, barulah kemudian kelompok kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya. Disunnahkan mengerjakan salat jenazah berjama’ah. Jika salat jenazah dilakukan dengan berjama’ah, maka jenazah diletakkan secara melintang di depan imam, dengan posisi kepala jenazah di sebelah kanan imam.   Imam mengambil posisi menghadap kepala jenazah, jika jenazahnya laki-laki. Jika jenazahnya perempuan, imam mengambil posisi menghadap perut jenazah. Setelah imam dan makmum berdiri menghadap kiblat dan meluruskan shaf, maka salat jenazah bisa dimulai.  Setelah itu, setiap peserta salat jenazah berniat salat jenazah karena Allah. Mengucapkan takbir pertama, “All hu akbar”. Setelah mengucapkan takbiratul- ihr m, baik imam dan makmum membaca surah Al-Fatihah. Setelah selesai membaca surah Al-Fatihah, disambung dengan mengucapkan takbir kedua, “All hu akbar”.  Setelah itu membaca salawat atas Nabi Muhammad Saw:

                الَلَّ           ُ صََِّلِّ عَ        محَُمَّ دٍ وَعَََ الَِ محَُمَّ دٍ

 Setelah selesai membaca shalawat atas Nabi Mohammad Saw, dilanjutkan dengan mengucapkan takbir ketiga, “All hu Akbar”.

tata cara pengurusan jenazah

Salat Jenazah Bagi Anak Kecil

Jika yang meninggal adalah anak kecil yang belum berumur empat bulan, maka ia hanya dimandikan saja dan tidak disalati, dikafani dan dikuburkan.  Namun jika sudah berumur empat bulan, lahir, dan keluar tangisnya, maka menurut sebagian fuqaha ia harus disalatkan, jika tidak maka ia tidak disalatkan.

Pendapat ini diketengahkan oleh ulamaulama mazhab Hanafiyah, Malikiyyah, Syafi’iyyah, An-Auza’iy dan Al-Hasan. Sedangkan menurut Imam Ahmad, Sa’id bin Jabir dan Ishaq, ia harus dimandikan dan disalatkan, sebab bayi itu telah memiliki ruh. Selesai mengucapkan takbir ketiga, dilanjutkan dengan membaca doa untuk jenazah; minimal membaca:

                الَلّـَّــ ُ ّ اَغْـــفِرْ َ ُ وَارْ        ـْـهُ وَعَافِـِـهِ وَاعْــفُ عَنـْـهُ

“Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, dan berilah ia maaf, dan ampunilah dosa-dosanya”  Setelah selesai membaca doa di atas, dilanjutkan dengan mengucapkan takbir keempat, “All hu Akbar”.  Lalu membaca doa:

                الَلّـ ُ ِّ َلَاَتَحْرِمْنـَاأجَْرهُ وَلاَتَفْتِنـَا بَعْـدَه وَُاغْفِرْلنَـَاوَ َ

“Ya Allah, janganlah Engkau mencegah kami, pahalanya,ُ dan janganlah Engkau membuat fitnah kepada kami, sepeninggalnya, dan ampunilah kami dan dirinya”. Setelah selesai membaca doa ini, dilanjutkan dengan mengucapkan salam, “Assal mu’alaikum warahmatull h”, diiringi dengan menoleh ke kanan dan ke kiri.

Doa Setelah Selesai Salat Jenazah

Setelah salat jenazah hendaknya berdoa dengan doa-doa yang dituntunkan oleh Nabi Saw (Al-ma‘  ur).  Doa-doa berikut ini sangat baik dibaca setelah mengerjakan sholat jenazah:

الَلـَّـ           ّ عََبْــدُك وََابْــن عَبْــدِك وََابْــن أمََّتِــكَ شَْــهَدُ أنَْ لاَإِ َ إِلاَُّ اﷲ وَُحْــدَكَ لاَ شَُــرِيْكَ لـَـكَ وَ شَْــهَدُ أنََّ محَُمَّــداًعَبَْــــدُكَ وَرَسُــــوْلكُْأصَْــــبَحَ فـَـــقِيرْاً إِ            رَ             تِــــكَوَأصَْـــبَحْتَ غَنيِـــا عًَـــنْ عَذَابِـــهِ، تَخَـــ َّ مِـَــنَ اَ     نُْيَـــاوَأهَْلِهَا، إِنْ كَانَ زَاكِيا فًزََكِّ ه، وَإِنْ كَ انَ مخُْطِئ ا فً اغْفِرْ

َ ُ، الَلَّ ــ ُ لَاَ ِّتَحْرِمْنَ ــا أجَْ         َــرُه وَُلاَ تضُِ ــلّنَا َبَعْ ــدََهُ

“Ya Allah, hamba-Mu, anak hamba-Mu, dan anak dari umat-Mu, bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah. Engkau, Engkau adalah Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Mu, dan ia bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Mu dan Rasul-Mu.  Dia sangat membutuhkan rahmat-Mu, dan Engkau Maha Kaya untuk tidak menyiksanya. Dia telah meninggalkan dunia dan keluarganya.  Jika ia suci, maka sucikanlah dia, jika dia bersalah, maka ampunilah dirinya.  Ya Allah, janganlah Engkau mengharamkan kami dari pahalanya, dan jangan sesatkan kami sepeninggalnya”. [HR Imam Hakim]. Selain doa di atas, masih banyak doa-doa lain yang diajarkan oleh Nabi Saw.[cp]

Tags:

contoh sambutan bhabinkamtibmas tentang narkoba, naskah pidato bhabinkamtibmas tentang narkoba
Advertisement
Praktek Salat Jenazah | admin | 4.5
Leave a Reply