Jadwal Ujian Nasional UN SMA SMP Sederajat Tahun 2016 Lengkap

Monday, January 4th, 2016 - Pendidikan
Advertisement

Jadwal Ujian Nasional UN SMA SMP Sederajat Tahun 2016 Lengkap Ujian Nasional Bagi Kelas XII SMA dan kelas IX SMP padat ahun 2016 ini tetap dilaksanakan. Jadi buat Siswa – siswi yang menjadi pesert UN 2016 harus tetap semangat belajar untuk masa depan yang lebih baik.

un

Kriteria Kelulusan Peserta Didik Ujian Nasional UN 2016

Permendikbud Nomor 144 Tahun 2014

Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan setelah menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran, lulus Ujian US/M/PK, dan lulus UN. Kriteria kelulusan peserta didik dari Ujian S/M/PK untuk semua mata pelajaran ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan Nilai S/M/PK yang mencakup mínimal rata-rata nilai dan mínimal nilai dari setiap mata pelajaran yang ditetapkan oleh satuan pendidikan. Untuk kriteria kelulusan peserta didik pada UN 2015 nanti, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Pada pasal 2 yang terdapat pada permendikbud tersebur diatas maka peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan setelah :

  • Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
  • Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian seluruh mata pelajaran.
  • Lulus ujian sekolah/madrasah.
  • Lulus ujian nasional.

Kriteria kelulusan peserta didik diperjelas lagi pada pasal 5 dan 6. Kelulusan peserta didik ditentukan berdasarkan Nilai Akhir (NA) yakni gabungan nilai sekolah dan nilai UN. Untuk tahun ini bobot nilai sekolah dan nilai UN adalah 50% berbanding 50%. Dengan kata lain bobot kedua nilai tersebut sama. Ini berbeda dengan bobot nilai tahun lalu. Tahun lalu perbandingan bobot nilai sekolah dan nilai UN adalah 60%:40% (Permendikbud 97 tahun 2013). Nilai Sekolah (NS) berasal dari nilai rapor (NR) dan nilai ujian sekolah (US). Nilai rapor (NR) diberi bobot 70% setelah dirata-rata. Nilai rapor yang dirata-rata adalah nilai semester 1 sampai dengan semester 5 (SMP). Dan semester 3 sampai dengan semester 5 (SMA/SMK). Sedangkan untuk nilai ujian sekolah (US) diberi bobot 30%. Selain itu, ada persyaratan lain terkait dengan nilai minimal mata pelajaran. Pada pasal 6 dijelaskan, bahwa NA setiap mapel yang diujikan secara nasional (mapel UN) minimal 4,0 (empat koma nol). Sedangkan rata-rata Nilai Akhir semua mata pelajaran yang harus dicapai minimal 5,5 (lima koma lima).

Jadwal UN SMA SMP tahun 2016

Untuk UN tingkat sekolah menengah pertama (SMP) kemungkinan digelar pada 27 hingga 30 April 2016. Ujian Sekolah SMP pada 20-25 April 2016. Pada awal Oktober 2014 ini, siswa SMP dan SMA memasuki ulangan tengah semester I.

Tags:

rata-rata akhir sekolah SMP, ujian nasional semester pertama 2016
Advertisement
Jadwal Ujian Nasional UN SMA SMP Sederajat Tahun 2016 Lengkap | admin | 4.5
Leave a Reply